11 - 14 SEPTEMBER 2024

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Januari 2023, Konstruksi Kawasan Istana Presiden di IKN Mulai Digarap

Konstruksi Kawasan Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dimulai pada akhir Januari 2023. Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, mulai November 2022-Februari 2023 pihaknya tengah menyiapkan lahan seluas 50 hektar tersebut. Proses land development dikerjakan secara paralel dengan pembangunan fondasi. Disebutkan bahwa material dan alat yang dibutuhkan sudah siap digunakan.

“Kita menyiapkan fondasi bore pile 60-80 ada juga 60-80, bervariasi,” jelas Danis dalam Press Tour Infrastruktur IKN pada Jumat (13/1/2023). Sebagai informasi, Kawasan Istana Presiden ini mencakup Kantor Presiden yang berbentuk burung garuda, Istana Presiden dan Lapangan Upacara yang ditarget bisa digunakan pada Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024.

Di balik Kawasan Istana Presiden ini telah disiapkan lahan seluas 50 hektar yang akan dibangun sebagai botanical garden. Selain itu, juga dibangun Sekretariat Presiden di mana per Januari 2023 pekerjaan clearing and grading sudah mencapai 65 persen dan secara keseluruhan mencapai 2,6 persen.

Berdasarkan informasi dari laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, adalah PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk yang menjadi pemenang tender pembangunan Bangunan Gedung Kantor Presiden di IKN. Nilai kontrak tender Kantor Presiden tersebut sebesar Rp 1,56 triliun untuk harga penawaran dan pagu Rp 1,93 triliun. Kemudian untuk tender pembangunan Bangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung Kawasan Istana Kepresidenan di IKN dimenangkan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Nilai kontrak yang disetujui adalah dengan harga penawaran Rp 1,35 triliun dari pagu Rp 1,38 triliun.

Read more

Source: Kompas