11 - 14 SEPTEMBER 2024

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

PRESIDEN AKAN UNDANG ARSITEK DAN PARA AHLI UNTUK ISTANA NEGARA BARU

Visualisasi desain istana negara yang baru mendapat tanggapan berbagai pihak termasuk asosiasi profesi. Menanggapi “keresahan” tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa gambar yang beredar masih dalam pradesain dan akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic design Istana Negara.

Presiden Jokowi dalam akun Instagram @jokowi (2/4) menyampaikan bahwa tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru.

Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa” Jokowi menegaskan.

Langkah selanjutnya, Presiden akan mengundang para ahli untuk menyampaikan masukan-masukan. “Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic design Istana Negara”, jelasnya.

Read more

Arsitektur.asia | By Jejaring Arsitektur