11 - 14 SEPTEMBER 2024

Jakarta International Expo, Jakarta - Indonesia

Tingkatkan Kualitas SDM Lokal, Pemprov Akan Gelar Pelatihan Teknologi Konstruksi Berbasis Digital

Perkembangan teknologi saat ini terus mengalami kemajuan. Mulai dari telekomunikasi, komputer hingga transportasi termasuk dalam bidang konstruksi. Di era digitalisasi ini, proyek-proyek strategis yang ada di Indonesia mulai menerapkan teknologi konstruksi berbasis digital.

Kalimantan Utara (Kaltara) yang notabene sebagai provinsi terbaru di Pulau Kalimantan Republik Indonesia, memiliki beberapa proyek-proyek strategis pembangunan infrastruktur. Meliputi sektor Kawasan Industri (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi, Ketenagalistrikan (PLTA), hingga pengembangan kawasan perbatasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) lokal yang kompeten dan berintegritas dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur bidang konstruksi yang handal di Kaltara. Pemprov melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) teknologi konstruksi berbasis digital, Building Information Modelling atau populer dikenal dengan BIM.

Apa itu BIM? Secara defenisi, BIM adalah suatu sistem atau teknologi di bidang AEC (Architecture, Engineering and Construction) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 dimensi.

Secara prinsip, BIM merupakan metode kerja yang memudahkan dari tahapan perencanaan hingga pelaksanaan konstruksi. Tidak hanya untuk model 3 Dimensi, tapi juga mengintegrasikan perhitungan RAB, hingga manajemen proyek sehingga pelaksanaan pekerjaan konstruksi menjadi lebih tepat, akurat dan tertib administrasi.

Read more…

Source: diskominfo.kaltaraprov.go.id